Senin, 15 April 2013

Antara Ketahuan dan Ketidaktahuan

Tahu akan sesuatu membuat kita mengerti akan sesuatu, tahu membuat kita mengetahui sesuatu yang tidak diketahui. tahu menandakan wawasan dan pengetahuan bertambah, menjadi tahu mempunyai resiko, pertama menjadi tempat bertanya, menjadi lebih dipandang, kedua, menjadi lebih sensitiv dan peka terhadap sesuatu. ada pula ketidak tahuan akan sesuatu, belum atau tidak tahu akan sesuatu, entah itu unsur ketidak sengajaannya ataukah bersengaja untuk menjadi tidak tahu, umumnya menjadi tidak tahu masih sering dijadikan tameng dalam posisi mencari aman, lebih baik tidak tahu daripada menjadi tahu, karena dengan tahu membuat membatasi diri kita dengan berbagai sudut pandang, begitulah menurut versi si ketidak tahuan. sehingga para ketidak tahuan ini masih merasa dan menganggap nyaman dan tenang dengan keadaan saat ini. 
Namun, 
diantara tahu dan ketidak tahuan masih ada yang lain, yaitu tidak tahu tapi pura pura tau (baca : Sok Tau) dan tahu tapi pura pura tidak tahu (baca : bukan rendah hati). Para ketidak tahuan tapi pura pura tau ini cenderung ingin selalu diperhatikan, namun usaha untuk diperhatikan dengan cara yang kurang tepat, dengan seakan akan tahu akan segala hal, hanya untuk dianggap lebih tahu, namun kosong tidak menambah kadar tahu
tahu tapi pura pura tidak tahu, tahu akan sesuatu tapi seakan akan tidak tahu dalam posisi dan kondisi tertentu, bukan agar dianggap rendah hati atau tidak sombong, tapi dalam kondisi tertentu dibuat seperti itu, seperti misal, si tahu (tapi pura pura tidak tahu) ini mengetahui bahwa ketika melakukan ini akan mempunyai dampak negatif lebih banyak dari pada efek positif, dan begitu yang disampaikan pada yang lain agar jangan melakukan itu, namun dengan predikat tahu tapi pura pura tidak tahu, tetap melakukan itu untuk dirinya sendiri dengan berusaha melepaskan sejenak ketahuannya tersebut.

terus,, aku, kamu, kita, kalian ada dalam tahapan yang mana??

tenaaaang....
aku pun tak tahu jawabannya...

jawaban itu mungkin tersisip di situ, di hati yang telah lama membisu atau hati yang lama tak didengarkan



0komentar:

Posting Komentar

 
;